Cara Memblokir Situs Website Tertentu Tanpa Software

Kadang kita perlukan untuk mencegah kejadian yang tidak di inginkan. Di internet semua informasi tersedia dan bisa di akses siapapun dan dimanapun selama kita bisa terkoneksi dengan internet. Meskipun banyak sekali manfaat internet yang bisa kita peroleh namun tidak menutup kemungkinan justru internet mampu memberikan dampak negatif kepada para penggunanya.
Karena sifatnya yang sangat bebas, di internet tidak ada tembok penghalang bagi user untuk menjelajahi semua website dan konten yang disediakan. Hal ini bisa menjadi sangat berbahaya jika konten yang disediakan diakses oleh anak kecil yang belum cukup umur. Internet tidak bisa berkata seperti ini “Hey kamu masih kecil nggak boleh buka situs ini”. Oleh karena itu kita harus selalu mengawasi aktifitas anak-anak saat menggunakan internet.

Cara Memblokir Situs Berbahaya di Internet

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa melakukan langkah-langkah antisipasi salah satunya adalah dengan memblokir website tertentu agar tidak bisa dibuka. Untuk memblokir website tertentu kita bisa saja menggunakan software, akan tetapi untuk lebih praktisnya kita akan menggunakan cara memblokir website tertentu tanpa menggunakan software.
Cara memblokir situs tertentu ini saya terapkan pada laptop butut saya dan sukses memblokir situs yang saya inginkan. Kejadiannya berawal saat adik saya ketagihan bermain game facebook, karena saya pikir hal tersebut kurang bagus, maka saya putuskan untuk memblokir situs facebook dan tentu saja hanya saya yang bisa membukanya.
Untuk memblokir situs atau website tertentu kita hanya perlu mengedit sedikit file host yang ada pada system32 di windows kita. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cara Memblokir Website Tertentu Tanpa Software :

Buka windows explorer
Lalu cari file Hosts di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc
Klik kanan lalu edit file bernama host dengan text editor apapun (kebetulan saya menggunakan notepad++)
Misalnya kita akan memblokir situs facebook dan google maka kita tinggal mengetikkan sebagai berikut tepat di bawah localhost lalu simpan atau save. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar.Cara Memblokir Situs Website Tertentu Tanpa SoftwareUntuk mengetes silahkan buka website yang anda blokir tadi, jika tidak bisa diakses berarti anda telah berhasil. Untuk membuka kembali website yang di blokir, anda cukup menghapus website yang ingin anda buka melalui file hosts sama seperti tutorial di atas.
Kekurangan dari metode ini adalah kita harus direpotkan menuliskan daftar website yang ingin di blokir padahal ada jutaan website yang aktif di dunia maya. Jika anda ingin aman berselancar di internet secara menyeluruh anda bisa menggunakan dns nawala untuk memfilter akses internet anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat berterimakasih atas komentas, kritik sobat share yang membangun, Sampai Jumpa Di postingan Berikutnya. Terimakasih SalamShare