Merawat Hardisk

Penggunaan PC yang terlalu lama berimbas juga pada kinerja harddisk. Setiap saat melakukan read, write dan overwrite. Lama kelamaan harddisk akan rusak dan tergantikan oleh yang baru. Usia harddisk sebenarnya tergantung cara pemakaiannya. Jika pemakainya sembarangan, maka hal itu dapat memperpendek usia harddisk. Berikut ini cara-cara untuk mengoptimalkan kerja harddisk dan memperpanjang usia harddisk :

1. Install sebuah antivirus yang selalu terupdate. Hal ini adalah wajib. Antivirus apapun asal terupdate secara rutin akan membantu melindungi data dari serangan virus yang bisa juga merusak boot master record pada harddisk. Gunakan satu antivirus saja. Lebih dari satu antivirus akan menganggu kinerja komputer.

2. Back-up data-data penting anda secara rutin. Bisa di backup di harddisk lain, CD/DVD, flash disk, memory card bahkan di file hosting online.

3. Gunakan scan disk untuk mengecek apakah ada bad sector atau tidak pada harrdisk. Di Windows sudah dilengkapi tools tersebut sejak awal.

4. Usahakan melakukan defragmenter secara teratur agar data tidak berantakan dan tersusun rapi sehingga komputer akan lebih cepat mengakses data yang diperlukan.

5. Gunakan software pembersih junk file (file sampah). File sampah ini jika dibiarkan terus, lama kelamaan akan memakan space harddisk sehingga harddisk penuh oleh file-file yang tidak diperlukan. Contoh software cleaner antara lain CCleaner dan Revo Uninstaller.

6. Jangan terlalu sering mencabut harddisk dalam CPU. Harddisk ini sangat sensitif, hanya terkena goncangan saja, data rawan hilang.

7. Jangan sisakan free space yang sangat sedikit pada harddisk. Sisakan minimal 200 MB saja. Jika melampaui batas tersebut, biasanya pada Windows akan muncul pop up peringatan di systray.

8. Uninstall program yang tidak diperlukan. Untuk memaksimalkan proses uninstall, program bawaan Windows yaitu Add/Remove Program masih kurang efektif. Gunakan saja Revo Uninstaller yang akan menghapus program secara komplit hingga entry-entry pada registry Windows.

9. Pakailah UPS. UPS ini adalah alat yang berguna untuk menyimpan arus listrik. Alat ini akan berguna jika saat kita mengoperasikan komputer dan listrik tiba-tiba padam, maka komputer tidak akan mati karena masih ter-supply arus listrik yang tersimpan di UPS dan kita bisa men-shutdown komputer kita dengan aman.

10. Jangan meletakkan CPU di tempat yang terlalu sesak dan berdebu. Hal ini akan mempengaruhi sirkulasi udara yang terjadi didalam CPU. Untuk itu, sistem ventilasi yang baik akan menjaga suhu harddisk agar tetap stabil dan bebas dari debu.

11. Jangan terlalu sering berganti-ganti Sistem Operasi, karena hal tersebut bisa merusak boot Master Boot Record pada harddisk untuk menjalankan multiple boot.

0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat berterimakasih atas komentas, kritik sobat share yang membangun, Sampai Jumpa Di postingan Berikutnya. Terimakasih SalamShare